Rabu, September 08, 2010

HACKING FACEBOOK

images2 Sampai saat ini masih banyak orang yang membicarakan atau bahkan ingin mencoba sesuatu yang disebut dengan hacking facebook. Maklum, aktivitas hacking ini semakin hari semakin meresahkan saja. Entah cara apa yang mereka lakukan, tapi tujuan mereka kebanyakan sama, yaitu mencuri facebook orang lain sampai pada kondisi yang merugikan seseorang. Kenapa bisa dikatakan merugikan ? Padahal biarpun sebuah account terkena hack, ‘toh masih bisa membuat account facebook yang baru. Dari sekian banyak berita mengenai hacking facebook ini, selain kerugian ‘privacy’ (padahal kerugian privacy ini sebenarnya dipacu akibat kurang pemahaman dari si account-nya itu sendiri), dan banyak pula dialami oleh mereka yang sedang larut dalam Texas HoldEm Poker, sebuah aplikasi permainan kartu di facebook yang menduduki peringkat 3 dari 10 deretan aplikasi terbaik di facebook (http://statistics.allfacebook.com/applications/) saat tulisan ini diterbitkan; pundi-pundi chip yang mereka kumpulkan selama ini, ‘raib dibobol maling’.
Sebenarnya hacker saat ini sudah cukup kesulitan dalam membobol facebook. Karena facebook terus meningkatkan keamanannya. Dulu, ada sebuah software penghack facebook yang bernama ‘Facebook Account Hack’. Software ini dulu waktu Februari 2009, 100% berhasil mendapatkan email dan password korbannya. Tapi, kalau sekarang, jangan harap kita menghack accoun facebook orang dengan software tersebut. Sebab menurut sebuah informasi, katanya facebook merekam IP kita disaat kita menggunakan software tersebut. Dan bisa-bisa account facebook kita sendiri yang akan dibanned oleh Admin facebook.


Lalu bagaimana cara lain yang dilakukan oleh para hacker tersebut ? Dibawah ini adalah sedikit gambaran dari beberapa cara yang dilakukan para hacker saat menyusup kedalam account mangsanya.
  • Dengan Fake Login
    Bagi sebagian orang kata ‘fake login’ sudah tidak asing lagi seiring pesatnya petumbuhan facebook. Dengan fake login seorang hacker berusaha membuat halaman atau replika situs yang mereka jadikan target sasarannya. Dalam hal ini tentu saja facebook. Fake login bisa diciptakan seorang hacker dengan mengolah “script atau html” menjadi satu kesatuan yang tentunya menggunakan bahasa mesin. Untuk mengetahui itu semua, kita harus paham dengan apa itu script dan html. Tidak menutup kemungkinan, sekarang banyak webhost gratisan yang digunakan para hacker untuk kamuflase sebuah website mereka. Baru-baru ini bahkan ada sebuah berita tentang sebuah situs yang mencoba melakukan penipuan kepada para pengguna facebook dengan membuat halaman login yang mirip dengan halaman login facebook. Adalah FBAction.net (sekarang situs ini telah ditutup) yang mencoba melakukan phishing dengan menangkap usename dan password facebook yang diisi oleh korban dan menyimpannya dalam database mereka. Dan untungnnya team facebook dengan tanggap langsung memberikan solusi yang baik dengan memberikan peringatan setelah login bahwa halaman yang digunakan user untuk login adalah bukan halaman facebook yang sesungguhnya dan menyarankan agar user mengganti password mereka sesegera mungkin.
  • Dengan Keylogger
    Keylogger ini adalah aplikasi software yang dipasang/di-instal dalam komputer. Dan cara kerja keyloger adalah mencatat atau menyimpan semua aktifitas yang dilakukan di atas keyboard. Entah apa saja yang orang lakukan diatas keyboard( mengetik) semua akan tersimpan dalam databasenya. Kebanyakan keylogger dipasang di warnet, dan bagi pengguna awam, keberadaan program pemantau ini tidak akan diketahui karena tersembunyi.
  • Dengan email
    Cara yang satu ini ada kaitannya dengan cara nomer satu diatas. Si hacker akan melakukan apa yang namanya “mengirim email notifikasi” yang berupa link. Jika kita klik sebuah link, lalu kita mendapat pesan untuk kofirmasi email yang ada kaitannya dengan facebook. Kita klik link yang ada di email kita, memang kita akan dibawa ke halaman facebook. Seolah olah seperti halaman facebook asli, tapi sebenarnya itu adalah salah satu proses fake login (halaman palsu). Lihat link yang ada di kolom bar komputer kita, apakah alamatnya http://facebook.com atau ada embel-embel dibelakang tulisan .com.
  • Cara hacker paling gokil !
    Cara ini bisa dibilang salah satu cara orang stress. Kenapa ? Jika seorang hacker mencuri facebook dengan bermain script dan otak mereka, kali ini kita hanya memainkan ‘mata kita’ untuk melakukan aksi hacking itu. Lalu bagaimana caranya ? Begini…, tentukan dulu korban kita. Kalo udah dapet siapa orangnya, nah ikutin deh orang itu kalo pergi ke warnet. Pas dia lagi login di facebook, saat itu aksi kita mulai. Yap ! Pura-pura ajakin dia ngobrol sementara mata kita melototin tangannya untuk mendapatkan passwordnya. Hehehehe…
Sebagai tambahan, para hacker pun memilih cara dengan menipu orang lain. Di facebook, banyak ditemukan grup-grup yang cenderung memberikan iming-iming istimewa kepada para anggotanya yang pada akhirnya hanya tindakan menipu. Contohnya kurang lebih adalah seperti ini :
SEBELUM MEMBACANYA ANDA DIMOHON JANGAN MELAKUKAN HAL INI KARENA INI HANYA TIPUAN BELAKA.
=====================================================
Untuk mengambil password korban, lakukan langkah-langkah dibawah :
1. Login email facebook anda dan lanjutkan ke halaman mengirim pesan.
2. Ini adalah format pesan yang harus anda kirim ke autohackfacebook46@ymail.com
    -Kirim email ke : autohackfacebook46@ymail.com
    -bcc: cc: (biarkan kosong)
    -Subject: PASSWORD RETRIEVE
    -Isi pesan :

- baris pertama tulis alamat email anda.
- baris kedua tulis alamat email facebook korban.
- baris ketiga tulis password facebook anda.
- baris keempat tulis kode ini : cgi-bin/$et76431&pwr999
- Lalu Send/Kirim.

Contoh :
To : autohackfacebook46@ymail.com
Bcc: Bc: (biarkan kosong)
Subject : PASSWORD RETRIEVE
Isi :
damien.vir@yahoo.co.id
angela@yahoo.com
DAMIENVIR
cgi-bin/$et76431&pwr999
Lalu Send/Kirim.
Catatan: Ingat anda tidak mengirimkan email ke orang namun ke mesin! Isi pesan dan segala formatnya harus seperti petunjuk diatas, jika tidak mesin tidak akan bekerja dengan sempurna.
=================================================================
Cukup meyakinkan, bukan ?
Kita pasti berpikir, mengapa harus mengirim email dan password. Dan itu sudah jelas-jelas menipu. Bukannya kita yang ‘nge-hack’, malah nanti kita yang akan dihack. Heee…
Selanjutnya, saat akun facebook kita telah dihack oleh seseorang, email sebagai username juga diganti jadi tidak bisa reset password facebook lagi, bagaimana cara kita mengembalikan account facebook kita saat kita tidak bisa log-in ?
Masih ada usaha lain yang bisa dilakukan, team facebook sendiri sudah menyediakan beberapa kemudahan kepada user-nya yang mengalami hal seperti ini (account facebook kena hack), secara umum bisa dibaca dibagian pusat bantuan facebook. Halaman yang khusus membahas tentang akun dibajak dan email sampah bisa baca di sini. Untuk lebih memahami tentang pembajakan akun facebook, bagaimana menjaga agar akun facebook kita lebih aman dan tempat mengadu jika account kena hack juga ada disana. Silahkan di eksplor sendiri.
Sebagai catatan dalam pengisian form, sebelum sobat menekan tombol Kirim, perhatikan dulu benar-benar apakah data yang sobat masukkan sudah benar karena jika salah atau tidak tepat maka proses pemulihan accout facebook sobat akan lebih lama. Coba baca peringatan PENTING pada bagian atas form tersebut.
Ini hanya salah satu usaha kita untuk merebut kembali account facebook dan tidak ada jaminan cara ini akan berhasil atau berapa lama waktunya juga tidak disebutkan oleh team facebook. Mudah-mudahan bisa secepatnya direspon oleh team facebook dan akun facebook bisa segera digunakan lagi. Ataw, kita bikin lagi aza akun baru…, susah-susah amat siiiiich….heeee…
Tips menghindari hack account atau fake login:
  • Perhatikan dengan benar link address websitenya. Link facebook yang benar adalah : http://www.facebook.com 
  • Jangan biarkan info email sobat terlalu ‘terbuka’, lakukan setting account privacy, pilih ‘hanya saya’, artinya hanya sobat sendiri saja yang mengetahui email account sobat.
  • Jangan pernah membuka link atau bahasa pemograman (CSS, XTML, XML, atau HTML) yang aneh. Jika di klik, kemungkinan account kita akan memberikan username dan password kita secara otomatis.
  • Pakailah ‘virtual’ keyboard yang bisa diperoleh dengan mudah.
    Untuk Windows tampilan XP : klik ’start’ -> All Programs ->
    Accessories -> Accessibility -> ‘On-Screen Keyboard’
  • Bila bermain di Warung Internet (Warnet), hindari check-list kotak
    “Remember me” pada saat login, karena hal itu dapat menyimpan username dan password di komputer tersebut, kecuali memakai komputer pribadi.
  • Jika tiba-tiba diminta login ulang, sebaiknya hati hati, karena kemungkinan halaman pre-login ulang tersebut adalah halaman palsu yang sengaja dirancang.
By the way, semoga informasi ini bermanfaat buat sobat.

Sumber: http://www.mamanjua.co.cc/2010/08/hacking-facebook.html

Tidak ada komentar:

Ayah, Anak dan Keledainya

Mungkin legenda tentang Ayah, Anak dan Keledainya sudah sering kita dengar dan kita baca dari banyak media, tidaklah buruk jika saya s...