Senin, November 20, 2006

Melihat rumah kita dgn Google Earth


Sebenarnya topik ini udah lama banget, tapi nggak ada salahnya ingin sekedar sharing tentang peta interaktif 3D dengan foto Satelit. Dengan aplikasi gratis ini Anda bisa akses semua titik di bumi ini yang telah dipetakan oleh satelit.

Setelah beberapa kali mencoba, kesan saya adalah cukup bagus, karena peta satelitnya aktual, tetapi nama-nama tempat di Indonesia masih banyak yang kurang.

Keterangan foto: Terlihat kota Jakarta dari ketinggial 30 ribu kaki
Bisa dikenali Glora Senayan dan Semanggi yang agak tertutup awan.
Juga pas di kata "Jakarta"-nya adalah Monas.

Free version bisa didownload di sini:
http://earth.google.com/

Setelah diinstalled, untuk mengakses, Anda harus tetap online, karena foto satelit akan terus di-streaming oleh serversesuai interaksi Anda pada aplikasi. Tergantung kecepatan internet, Anda harus sedikit bersabar sampai detail gambar muncul di layar bersama nama-nama tempat yang ada.

Pertama-tama Anda harus menunggu sampai gambar bumi muncul distreaming, barulah dapat dinavigasi ke titik-titik yang hendak kita kunjungi.

Sebenarnya Microsoft juga lagi buat tandingan virtual map nya Google. Namanya MSN Virtual Earth. Bisa liat di http://virtualearth.msn.com/MSN Virtual Earth ada fasilitas "Locate Me" dimana bisa liat posisi kita di map dgn menggunakan WI-FI tech dan IP address. Masih lebih lengkap dan lebih smooth Google Earth sih, cuman yang ini saya belum pernah nyoba seh.

Tidak ada komentar:

Ayah, Anak dan Keledainya

Mungkin legenda tentang Ayah, Anak dan Keledainya sudah sering kita dengar dan kita baca dari banyak media, tidaklah buruk jika saya s...